RSS

Mentan Sarankan Kombinasi Sayuran Ternak Kelinci dan Pembibitan Ramah Lingkungan

14 Agu

Melihat kendala yang dihadapi anggota KWD Kencana Asri Kelurahan Kadipaten Kecamatan Kraton dan KWT Mekarsari Kelurahan Bener Kecamatan Tegalrejo Kota Yogyakarta dalam menyediakan pupuk kandang , menteri pertanian, Ir. H. Suswono, MMA, menyarankan agar program MKRPL di kotayogyakarta memadukan budidaya tanaman sayuran dengan pemeliharaan ternak kelinci jenis pedaging. Limbah sayuran bisa digunakan sebagai pakan kelinci, dan kotoran serta urin kelinci dapat diolah menjadi pupuk yang sangat bermanfaat untuk budidaya sayuran. Selain itu Mentan juga menyarankan pembibitan ramah lingkungan pertanian.

Keberadaan pohon pisang di sekitar Kebun Bibit Kawasan (KBK) di Kelompok Wanita Dewasa (KWD) Kencana Asri Kelurahan Kadipaten Kecamatan Kraton dan Kelompok Wanita Tani (KWT) Mekarsari Kelurahan Bener Kecamatan Tegalrejo Kota Yogyakarta, rupanya menarik perhatian menteri pertanian.

Mentan memberi contoh tentang cara penggunaan daun pisang untuk wadah penanaman benih

Menurut Mentan daun pisang dapat dimanfaatkan untuk menunjang pembibitan yang ramah lingkungan, daun pisang bisa menggantikan fungsi plastik sehingga lebih hemat biaya, sedangkan untuk penjepit bisa menggunakan lidi daun kelapa. (Rudy Harwono).

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 14, 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: