RSS

Pengembangan Pertanian Perkotaan Hadapi banyak Tantangan

14 Agu

* Pengembangan pertanian tidak hanya dibutuhkan oleh masyarakat yang tinggal di perdesaan, tetapi juga oleh masyarakat yang bermukim di perkotaan sebagai bagian dari masyarakat Indonesia.
* Tantangan yang dihadapi untuk pengembangan pertanian di wilayah perkotaan antara lain keterbatasan lahan, keterbatasan pengetahuan dan teknologi, keterbatasan waktu yang bisa dicurahkan, dan yang tidak kalah pentingnya adalah keterbatasan media tanam.
* Sebagian masyarakat yang tinggal diperkotaan ada yang harus “membeli tanah” untuk diolah menjadi media tanam. “Kami ini tuan tanah…. yang berani membeli tanah dengan harga enam ribu rupiah per karung”. Kata Ibu Nurul Baniah sambil tertawa, ketua KWT Mekarsari.
* Bertanam sayuran yang merupakan kegiatan inti dari program Model Kawasan Rumah Pangan Lestari (M-KRPL) dipandang cukup menarik dan sesuai dengan kondisi umum masyarakat perkotaan. Sayuran adalah komoditas yang dibutuhkan setiap hari untuk konsumsi dan sumber gizi keluarga, sehingga pengembangannya dapat menghemat uang belanja. Bila ditekuni secara serius pengembangan sayuran juga dapat menjadi tambahan pendapatan keluarga maupun kelompoktani.
* Sayuran terdiri dari berbagai jenis yang sangat bervariasi, banyak pilihan yang tidak membosankan, sehingga sangat strategis untuk memelihara motivasi anggota kelompok tani dalam bercocok tanam secara berkesinambungan. Umur panen tanaman sayuran juga relatif pendek, sehingga dalam waktu tidak terlalu lama hasilnya telah dapat dinikmati penanamnya. (Rudy Harwono)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 14, 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: